Kuliah Umum Fakultas Ekonomi Unisla Tantangan UKM Yang Produktif Di Masa Pandemi

0 0
Read Time:1 Minute, 46 Second

Labuhanbatu – LidikCyber. Com_ Fakultas Ekonomi Universitas Islam Labuhabatu ( Unisla ) menggelar Kuliah Umum  dengan tema “Tantangan UKM Yang Produktif Di Masa Pandemi, di Kampus Unisla Jl.H.M Yunus Padang Bulan Rantauprapat.

Bersama Moderator Dekan Fakultas Ekonomi Unisla Dr Mukhrizal Effendi,M.SP dan Narasumber Oky Putra Yogie Selaku Area Manager Rumah Makan (RM) Cinderalas Rantauprapat,  dengan para peserta para Mahasiswa Unisla Labuhanbatu, Rabu(07/04/2021).

Dekan Fakultas Ekonomi Unisla Dr Mukhrizal Effendi,M.SP, pada saat pembukaan menyampaikan “ Dengan adanya kuliah umum ini di harapkan agar mahasiswa memahami Tantangan UKM Yang Produktif Di Masa Pandemi dalam berwira usaha. Dimana  tantangan saat ini adalah suatu hal atau objek yang sifatnya menggugah tekad seseorag sehingga ia harus meningkatkan kemampuan yang dia miliki agar mampu mengatasi masalah yang di hadapi.

Tantangan apa saja yang akan kalian hadapi dalam meraih impian yang di cita-citakan antara lain : 1.Jangan Malas, 2. Harus tetap semangat ( Jangan naik turun), 3. Banyak membaca buku ( Literatur), 4. Disiplin membagi waktu 5. Giat Berlatih,6. Jangan tergoda dengan godaan main game dan bergaul dengan teman yang baik dan 7. Hindari godaan menggunakan media social tanpa batas waktu, kata Dr. Mukhrizal.

Oky Putra Yogie Selaku Area Manager Rumah Makan (RM) Cinderalas Rantauprapat sebagai narasumber menuturkan,” “Pertama adalah dari segi pasokan. Semenjak diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSSB) hampir di seluruh wilayah, banyak para UMKM kita mengalami kesulitan untuk mendapatkan bahan baku, Tantangan Kedua adalah masalah cashflow.

Banyak pelaku UMKM yang merasakan pendapatannya menurun akibat tidak adanya pelanggan yang membeli produk semenjak PSBB dan physical distancing diberlakukan. Selain itu, para pelaku UMKM juga kesulitan mendapatkan pinjaman modal. “Sudah pendapatan menurun, biaya untuk produksi sedikit mahal, ditambah lagi sulitnya akses peminjaman modal yang membuat cashflow mereka menjadi terganggu,” kata dia.

Menurut Oky yang merintis karir di RM Cinderalas dari Managemen terendah yakni bagian Cuci Piring ,” Tantangan ketiga yakni dari anjloknya permintaan. Ketidakpastian pasar membuat permintaan akan barang yang dijual oleh para UMKM menjadi berpengaruh. Apalagi semenjak ada pandemi membuat kebutuhan para konsumen berubah. Ia berpendapat saat ini banyak masyarakat yang lebih membutuhkan produk-produk kesehatan seperti hand sanitizer dan masker dibandingkan kebutuhan lainnya.(Ikang)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page