Bupati Labuhanbatu Membuka Sosialisasi Pemilihan Kades Tahun 2022

0 0
Read Time:1 Minute, 29 Second

 

 

Labuhanbatu – Lidikcyber.com
Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga, MKM., membuka Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa Serentak Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa di Ruang Data dan Karya Kantor Bupati, Senin (08/08/2022). Bupati mengatakan kita semua mengetahui Labuhanbatu akan melaksanakan pilkades di 40 desa, berarti akan ada seorang pemimpinn yang akan diusung oleh desanya masing-masing.

Melalui sosialisasi ini, panitia Kabupaten, panitia kecamatan, dan PJ Kades mendapatkan pemahaman yang baik. Tahapan yang ada di pilkades itu jangan ada yang terlewatkan, untuk itu panitia sangat rentan tanggung jawabnya. Menutup arahannya, Bupati menghimbau untuk sukseskan pilkades secara baik.

Pemilihan kepala desa atau seringkali disingkat pilkades, adalah suatu pemilihan kepala desa secara langsung oleh warga desa setempat yang memang betul-betul berdomisili ditempat tersebut. Berbeda dengan lurah yang merupakan pegawai Negri Sipil, kepala desa merupakan jabatan yang dapat diduduki oleh warga biasa yaitu warga yang terpilih dalam pemilihan pilkades maka dia berhak menduduki jabatan kades karena sudah mendapat legitimasi dari masyarakat masa jabatan kepala desa 6 tahun ( PP No 72. 2005 ).

Pilkades dilakukan dengan mencoblos tanda gambar calon kepala desa. Pilkades telah dilakukan diberbagai daerah diindonesia demi mewujudkan sistem demokrasi yang dipandang baik untuk menata pemerintahan kedepan agar melahirkan kesehjahteraan untuk rakyat karena defenisi demokrasi yaitu dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

Pilkades telah ada jauh sebelum era pilkada langsung. Akhir-akhir ini ada kecenderungan pilkades dilakukan secara serentak dalam satu kabupaten yang difasilitasi oleh pemerintah daerah sesuai dengan amanat konstitusi . Hal ini dilakukan agar pelaksanaannya lebih efektif, efisien, dan lebih terkoordinasi dari sisi keamanan.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd., MM., Panitia Pilkades Labuhanbatu, unsur Forkompimda Labuhanbatu, perwakilan koramil, perwakilan polsek, para Camat, para kepala desa, dan hadirin undangan lainnya.(icL)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page